Rekomendasi Analis Monex: Buy USD/JPY

Rekomendasi Analis Monex Buy USD JPYRekomendasi Analis Monex: Buy USD/JPY

Di tengah dollar AS yang semakin kuat, mata uang yen masih memiliki tenaga. Yen masih akan tetap berbagi pamor dengan dollar AS sebagai aset safe haven di tengah-tengah isu perang dagang yang saat ini masih memanas.

Apalagi, kedua negara itu memiliki kebijakan moneter yang sangat kontras sehingga ke depannya dollar AS masih lebih berpeluang diincar daripada yen.

Mengutip dari Bloomberg, hari Jumat (10/8), pasangan USD/JPY ditutup terkoreksi 0,23% ke level 110,83. Dalam sepekan, dollar AS masih melemah 0,38% terhadap yen.

Analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yasyi menilai, kekuatan yen tampaknya berasal dari rilis data PDB Jepang di kuartal kedua yang tumbuh 0,5%, lebih tinggi dari estimasi 0,3%.

Angka pertumbuhan tersebut juga jauh lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya yang justru tercatat minus 0,2%.

Kendati demikian, pekan depan pasangan USD/JPY berpeluang menguat lagi. “Apalagi data CPI AS yang menjadi tolok ukur inflasi dan kenaikan suku bunga lanjutan tumbuh sesuai ekspekatasi,” ujar Dini, Jumat (10/8).

Probabilitas kenaikan suku bunga The Fed pada September mendatang pun kian membesar dan membuat investor makin mengincar dollar.

Di awal pekan, Senin (12/8), Dini menilai belum ada lagi sentimen penting baik bagi USD maupun yen. Menurutnya, pergerakan USD/JPY masih akan merefleksikan sentimen dan data ekonomi yang rilis pada Jumat sebelumnya.

Secara teknikal, Dini menjelaskan, harga USD/JPY memang masih bergerak di bawah garis Moving Average (MA) 50, MA 100, dan MA 200. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) juga masih bergerak di area negatif pada level 0,27.

Sementara, indikator stochastic berada di level 69,75 dan memberi indikasi sideways alias belum jenuh beli. Begitu pun dengan indikator RSI yang sideways pada level 56,34.

Dini menyimpulkan secara jangka pendek pasangan mata uang ini memang masih berpotensi melemah. Namun, ia tetap memberi rekomendasi buy USD/JPY dan memproyeksi harga akan bergerak dalam rentang support 110,75 – 110,60 – 110,20 dan resistance 111,20 – 111,35 – 111,55.