Harga Saham Emiten Berikut Ini Bisa Naik 7 Persen Karena Pembatasan Impor

Harga Saham Emiten Berikut Ini Bisa Naik 7 Persen Karena Pembatasan ImporHarga Saham Emiten Berikut Ini Bisa Naik 7 Persen Karena Pembatasan Impor

Kebijakan pemerintah membatasi impor diprediksi akan memberikan sentimen positif bagi emiten-emiten di sektor kertas, plastik, kayu, kelapa sawit dan petrokimia.

Pendiri LBP Institute Lucky Bayu Purnomo mengatakan, dengan upaya dan rencana pemerintah untuk membatasi impor minyak sawit, kertas dan bahan komoditi turunan, maka akan memberikan sentimen positif bagi beberapa emiten.

Emiten-emiten itu antara lain adalah PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Menurut Lucky, pembatasan impor tersebut akan meningkatkan jumlah penjualan emiten-emiten. “Artinya produk dari emiten-emiten itu akan diserap lebih banyak ketimbang produk-produk impor,” kata Lucky, Minggu (19/8).

Lucky juga bilang, sentimen negatif telah dialami sebelumnya karena kinerja indeks terkoreksi. “Namun, rencana penetapan kebijakan pembatasan impor ini akan menjadi katalis positif bagi emiten-emiten yang disebutkan tadi. Angka penjualan dan jumlah konsumsinya akan meningkat,” lanjutnya.

Ia lalu merekomendasikan untuk membeli saham-saham seperti INKP, TKIM, LSIP, AALI dan BWPT. “Target jangka pendek hingga jangka menengah naik sebesar 5,5% hingga 7%,” imbuhnya.