Cara Investasi Saham Untuk Pemula

# Mendaftar Ke Broker Saham

Untuk mendaftar ke broker saham anda bisa melakukannya via telepon atau email ke broker yang anda dapatkan dari informasi Bursa Efek atau forum-forum online lainnya. Atau bisa dengan mendatangi Bursa Efek Indonesia secara langsung, jika anda kebetulan berada di Jakarta. Sangat mudah bukan?

Disana anda akan mendapatkan penjelasan dan bimbingan yang jauh lebih rinci tentang belajar saham yang efektif sekaligus saran broker yang harus anda pilih sebagai perantara anda.

# Perdalam Pengetahuan Tentang Investasi Dan Trading

Pengetahuan tentang investasi dan trading serta pergerakan pasar adalah hal krusial yang harus anda ketahui sebanyak mungkin sebagai pemula dalam proses belajar saham.

Ketika terjun dalam dunia investasi dan trading, jangan pernah sama sekali anda masuk tanpa pengetahuan yang memadai. Bermodalkan spekulasi tidaklah cukup, anda harus cerdas dalam melihat keberagaman dan alasan fluktuasi pasar.

Selain itu, pengetahuan anda tentang saham dari perusahaan yang anda beli harus benar-benar maksimal. Siapapun tentu saja tidak ingin perusahaan yang menjadi mitranya tiba-tiba anjlok. Untuk itu, anda harus tahu betul karakteristik perusahaan itu, minimal dengan menganalisa laporan keuangan yang bisa anda dapatkan dari Bursa Efek Indonesia.

Anda bisa melihat seperti apa EPS (Earning Per Share) perusahaan yang menggambarkan tingkat laba yang diperolehnya dalam kurun waktu tertentu.

# Memperjualbelikan Saham

Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana cara memperjualbelikan saham? Apakah kita harus datang langsung ke Bursa Efek Indonesia? Ataukah kita membelinya di kantor broker saham?

Dulu, jual-beli saham dilakukan dengan menghubungi broker bila kita ingin menjual atau membeli suatu saham. Kini, semua transaksi itu bisa dilakukan secara online melalui platform dalam bentuk webtrading (trading saham dengan log-in ke website tertentu) maupun platform trading serupa software yang bisa diunduh dan diinstall di komputer/laptop. Bahkan ada beberapa broker saham yang sudah menyediakan aplikasi di Android.

Berbekal platform tersebut anda bisa melihat dan menganalisa indeks saham, data-data penting saham seperti kapitalisasi pasar, dan indikator teknikal yang bisa diaplikasikan untuk analisa, dan lain sebagainya. Anda bisa langsung melakukan order beli dan jual dalam platform semacam ini.

Baca Juga :