Bursa Asia Diwarnai Oleh Politik AS Sampai Pertemuan Dagang

Bursa Asia Diwarnai Oleh Politik AS Sampai Pertemuan DagangBursa Asia Diwarnai Oleh Politik AS Sampai Pertemuan Dagang

Pada awal perdagangan hari Rabu (22/8) mayoritas bursa saham Asia dibuka stagnan. Padahal Wall Street ditutup menguat, selain itu index S&P 500 menyentuh rekor tertingginya pada hari Selasa (21/8).

Pertemuan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China pekan ini masih menjadi fokus investor. Indeks MSCI Asia Pacific naik tipis 0,25%. Sementara Nikkei 225 turun 0,2%. Lalu, indeks korea, Kospi meningkat 0,14%.

Indeks Australia ASX 200 turun 0,47% di perdagangan pagi ini, dengan sektor keuangan menjadi pemberat. Sementara itu, indeks Hang Seng turun 0,49% dan indeks Shanghai turun 0,6%

Seperti dikutip CNBC, pasar juga masih mencermati kondisi politik AS, terutama usai pengacara pribadi Trump, Cohen, mengaku bersalah atas delapan tuduhan terkait penipuan pajak, kontribusi kampanye yang berlebihan, dan pernyataan palsu terhadap lembaga keuangan.

Fokus pasar juga tertuju pada pertemuan pejabat AS dan China, untuk menemukan resolusi bagi perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung. Trump dilaporkan bersiap untuk menambah lebih banyak tarif minggu ini.