Ada Sanksi Pidana Bagi yang Terlibat Dalam Saham Gorengan

Ada Sanksi Pidana Bagi yang Terlibat Dalam Saham GorenganAda Sanksi Pidana Bagi yang Terlibat Dalam Saham Gorengan

Masih melakukan penyelidikan terhadap 21 saham yang terindikasi sebagai saham gorengan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyiapkan berbagai sanksi. Saham-saham yang terbukti melakukan pelanggaran, akan dihukum mulai dari peringatan, sampai sanksi pidana.

Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2B OJK Djustini Septiana mengatakan, saham yang terbukti saham gorengan bisa kena sanksi denda. Tapi kalau sampai yang melakukan broker, sanksi bisa berupa peringatan tertulis, pembekuan aktivitas perdagangan hingga suspensi.

“Itu bisa terjadi. Bahkan, kalau dari hasi pemeriksaan pelanggaran sudah mengarah pada pidana dan dalam kategori penipuan, maka akan kita kirim ke pendidikan (penjara),” kata Djustini kepada Kontan.co.id, Rabu (15/8).

Kategori sanksi akan diberikan, jika aktivitas saham yang terindikasi gorengan tersebut telah merugikan investor. Di mana, diketemukan adanya perdagangan semu pada aktivitas transaksi sahamnya.

“Kalau 21 saham terindikasi gorengan ini, belum kita tentukan apakah mereka melanggar atau tidak, jadi kita masih dalam tahap pemeriksaan awal dulu,” ungkapnya.

Lewat penjatuhan sanksi, OJK berharap itu bisa memberikan efek jera pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ini sekaligus membuktikan bahwa pasar modal bukan tempat bagi spekulan untuk main-main. “Jangan sampai pihak yang enggak ikutan, harus ikut menanggung dampaknya,” tandasnya.